Jika terdapat koloni bakteri yang tumbuh dengan jumlah >105 koloni/ml urine, maka artinya bakteri yang tumbuh itulah penyebab ISK. Dari segi biaya, tes urinalisis dan dipstik relatif lebih murah dibandingkan urine kultur. Sayangnya, kedua tes ini kadang memberikan hasil yang “salah” karena tidak semua bakteri patogen punya kemampuan mengubah nitrat. Artinya, tes urine berdasarkan dipstik dan urinalisis bisa saja memberikan hasil negatif namun mamil sebenarnya telah terkena bakteri. Tak demikian dengan pemeriksaan melalui urine kultur, lebih dapat memberikan hasil yang akurat.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Perlu Antibiotik

Jika mamil terdeteksi terkena ISK, biasanya dokter obgin akan memberikan antibiotik secara oral. Tentu antibiotiknya yang aman bagi kehamilan. Bila ada keluhan nyeri, dokter akan memberikan obat pereda nyeri. Jika infeksi sudah menyerang ginjal, dokter akan menya rankan mamil menjalani rawat inap. Antibiotik dibe rikan melalui infus.

Setelah obat antibiotik telah diberikan, mamil akan kembali untuk menjalani pemeriksaan urine agar bisa melihat apakah masih ada sisa bakteri penyebab infeksi. Selain dengan pengobatan antibiotik, penyembuhan ISK akan lebih cepat tercapai bila mamil banyak minum air putih dan tidak menahan keinginan untuk berkemih. Pasalnya, dengan mengosongkan kandung kemih akan mencegah bakteri berkembang biak. Penting diketahui, ISK bisa berulang selama kehamilan. Oleh sebab itu, meski hasil tes urine saat trimester 1 ini negatif, sebaiknya mamil kembali melakukan tes urine pada trimester 3 nanti.

Untuk mencegah terjadinya kekambuhan, selalu jaga kebersihan Miss V serta daerah sekitarnya. Usai buang air kecil atau besar, bersihkan anus atau vagina de ngan gerak an menyeka dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Hindari membersihkan vagina dengan terlalu banyak sabun atau pembersih karena dapat mengubah tingkat kea saman yang menyebabkan bakteri mudah berkembang biak. Selain itu, sebelum dan sesudah berhubungan intim, buang air kecil untuk mengosongkan kandung kemih. Mama Papa juga harus menjaga kebersihan organ genital sebelum dan sesudah berhubungan intim, agar bakteri tidak masuk ke saluran kencing .

Sumber : pascal-edu.com

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *