Menanggulangi Kamera yang Stop Working ala NET89

Menanggulangi Kamera yang Stop Working ala NET89 – Kamera adalah salah satu hal krusial pada perangkat Android. Selain aplikasi kamera bawaan yang ada di dalam smartphone, seringkali kita meng-install aplikasi kamera 3rd party atau pihak ketiga yang bisa di-download melalui Google Play. Namun, terkadang aplikasi kamera pihak ketiga tersebut justru bisa mengganggu kinerja dan fungsi aplikasi kamera bawaan itu sendiri.

Ketika membuka aplikasi kamera, biasanya akan tampil pesan error “camera stop working”. Anda tak perlu panik. Kerusakan bukan terjadi pada hardware kamera, melainkan aplikasi kamera. Untuk mengatasinya, masuk ke menu Settings, lalu pilih Application Manager. Pilih tab All Application untuk melihat semua daftar aplikasi yang ter-install di dalam smartphone. Cari dan pilih aplikasi Camera. Tekan tombol Force Stop, lalu pilih Clear Data dan Clear Cache.

Setelahnya, restart smartphone. Force Stop berfungsi untuk memaksa aplikasi agar berhenti beroperasi. Sedangkan Clear Data dan Cache berfungsi untuk menghapus riwayat penggunaan kamera, seperti konfigurasi dan pengaturan. Dengan melakukan ketiga hal tersebut, sama saja seperti me-reset ulang aplikasi kamera seperti ketika membeli smartphone baru.

Menghilangkan Fitur Auto Text Keyboard Setiap kali membeli smartphone Android baru, rata-rata Anda mengalami hal mengganggu yang satu ini, yaitu tulisan yang Anda ketik dikoreksi secara otomatis ke bahasa Inggris. Ini adalah fitur Auto Text Correction yang tersedia pada platform Android. Tujuannya tak lain untuk memudahkan pengguna dalam mengetik sekaligus menghindari terjadinya typo atau salah ketik. Sayangnya, fitur ini biasanya hanya mendukung bahasa Inggris.

Untuk menghilangkan fitur yang cukup mengganggu ini, masuk ke menu Settings pada smartphone. Cari dan pilih menu Language and Input. Di dalam menu tersebut, cari dan pilih Google Keyboard. Khusus pada smartphone Samsung, Anda tak akan menemui Google Keyboard karena digantikan dengan Samsung Keyboard. Setelahnya, hilangkan checklist pada fitur-fitur yang tidak Anda inginkan. Misalnya, Auto-capitalization, Sound on keypress, Vibrate on keypress. Yang terpenting, jangan lupa untuk mematikan fitur Aut-correction dan Show correction suggestions.

Sumber : net89.web.id

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *