Ibukota Jerman – Berlin adalah ibukota negara Jerman sekaligus kota terbesar di sana. Berlin memiliki luas 9 kali lipat dari Paris. Bertempat di utara negara Jerman, terdapat sungai Spree dan Havel.

Populasi negara Jerman mencapai 3,7 juta orang dan menjadi negara dengan populasi kedua tertinggi setelah London, yag dikutip dari https://educraft.id/

Sejarah panjang kota Berlin dimulai sejak abad ke 13. Sejak zaman dahulu Berlin sudah menjadi ibukota negara, mulai dari kerajaan Prussia hingga Kerajaan Jerman. Setelah tahun 1900 an Berlin menjadi kota termegah dan terkenal sebagai kota maju. 

Banyak pendidikan dan penelitian yang dilakukan di sana, mulai dari ilmu pengetahuan, ilmu sosial, musik, museum, dan pemerintahan berjalan di kota Berlin. Pada saat perang dunia II, kota Berlin mengalami kehancuran yang cukup besar dari penembakan hingga pemboman yang cukup serius. 

Setelah perang dunia II berakhir disusul dengan kemenangan negara lainnya Berlin sempat terbagi menjadi dua wilayah yakni Berlin Barat dan Berlin Timur. Perubahan ini dikenal sebagai Jerman Timur dan Jerman Barat. Pada tahun 1961 hingga 1989 pembagian kedua wilayah ini ditandai dengan tembok besar Berlin. 

Pada tahun 1990, Berlin kembali bersatu yang menandakan bersatunya Jerman barat dan Jerman Timur. Tembok besar Berlin pun dihancurkan namun hingga saat ini puing-puing masih bisa dilihat. Saat ini ibukota Jerman menjadi kota yang terkenal dengan kebudayaan, politik, media dan kemajuan ilmu pengetahuannya.

Kota Berlin sudah menjadi modern, banyak universitas, gedung orkestra, museum dan ruang publik untuk hiburan yang menjadi tujuan wisata berbagai turis mancanegara. 

3 Fakta Menarik dari Ibu kota Jerman

Ada banyak fakta menarik tentang kota Berlin di Jerman. Sebagai ibukota, Berlin tidak hanya digunakan sebagai pusat pemerintahan, pusat pendidikan dan juga pusat budaya. Ada beberapa fakta menarik mengenai Berlin sebagai profil negara Jerman. 

Berikut ini beberapa fakta manarik yang perlu diketahui:

  1. Memiliki 180 museum

Terkenal dengan sejarahnya dan gedung dengan arsitektur yang menarik, Berlin adalah salah satu negara dengan jumlah museum terbanyak. Jumlah museum yang dimiliki mencapai 180. Mulai dari museum berukuran besar hingga kecil.

Berbagai benda bersejarah ditampilkan ditambah dengan ruangan galeri yang digunakan untuk memamerkan benda seni. 

  1. ATM emas

Jika di negara lain ATM hanya mengeluarkan uang, tidak dengan ATM di Berlin. Kamu bisa mendapatkan emas. Terletak di galeri Lafayette Berlin, tepatnya di distrik Friedrichstrasse kamu bisa melihat ATM emas. Emas batangan akan keluar dari mesin ini dengan berat 250 gram. 

  1. Jumlah penduduk asing terbanyak

Berlin terkenal dengan negara “multikulti” yakni negara multikultural. Hal ini dibuktikan dengan jumlah penduduk asingnya mencapai 500.000 orang. Setengah juga penduduknya adalah orang asing. Jadi bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Berlin banyak kesempatan bertemu dengan siswa dari negara lain tidak hanya Jerman saja. 

  1. Pemilik kanal sungai terbanyak

Ketika membayangkan melewati sungai, maka negara seperti Belanda atau Venesia akan terbesit pertama kali. Padahal Berlin adalah kota di Eropa yang memiliki jumlah kanal sungai paling banyak dibandingkan negara lainnya. Terdapat 1.700 jembatan yang berdiri kokoh di sepanjang 180 kilometer panjang sungai. 

Nah bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan di Jerman khususnya di ibu kota Jerman ini akan ada banyak fakta menarik lainnya yang didapatkan dan apabila ingin berangkat ke Jerman maka ada baiknya mengikuti kursus bahasa Jerman di Jakarta.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *