Saat kalian melakukan interaksi dengan orang lain, maka kalian tentu saja harus bisa memahami seperti apa pengertian komunikasi secara umum, selain itu juga penting bagi para komunikan dan komunikator untuk menjaga hubungan yang baik.

Komunikasi tersebut juga sangat penting untuk menghindari diri dari kesalahpahamanan antara komunikan dengan komunikator.

Alat Komunikasi

Alat komunikasi dapat dibagi menjadi beberapa dua bagian yang diantaranya yaitu alat komunikasi tradisional dan juga komunikasi modern, salah satu pembagian ini juga berdasarkan dengan peradaban dengan kehidupan yang ada di kehidupan manusia yang dilakukan dari tahun ke tahun selalu berkembang dan juga selalu melakukan inovasi.

Baca Juga: Mengenal Berlin Ibukota Jerman

Selain itu juga manusia akan selalu menciptakan inovasi berupa alat komunikasi yang digunakan manusia sebagai salah satu media untuk memudahkan untuk menjalin hubungan terhadap sesama manusia.

Alat komunikasi juga disebut sebagai alat perangkat yang digunakan sebagai bagian dari beberapa informasi yang akan di sebarkan untuk nantinya menyampaikan maksud sebuah informasi dari satu individu dengan individu lainnya untuk nantinya dapat saling memahami maksud atau makna dari informasi yang mereka berikan.

Dengan semakin canggihnya teknologi yang ada saat ini maka komunikasi akan selalu mengalami perubahan yang baik, entah itu melalui platform media atau apapun cara yang diberikan dari setiap jenis komunikasi yang sudah ada.

Alat Komunikasi Tradisional atau Kuno

Alat komunikasi tradisional adalah suatu jenis alat komunikasi yang menggunakan teknologi namun tidak menggunakan daya listrik, jaringan, atau bahkan internet. Alat komunikasi tradisional lebih mengutamakan dengan sumber daya hidup, suara, atau bahkan beberapa objek kuno yang dapat menyampaikan komunikasi kepada komunikan.

Alat komunikasi tradisional ini juga sangat mengutamakan sumber daya hidup yang ada, entah itu mulai dari suara, atau beberapa objek kuni yang tentunya dapat menyampaikan informasi dengan mudah kepada para komunikan.

Penggunaan alat komunikasi tradisional tersebut juga bisa membantu dalam keadaan darurat sekalipun seperti misalnya saat orang lain tersesat maka mereka menggunakan siulan atau mengetuk kayu pohon menggunakan batu besar, hal tersebut bisa dilakukan di berbagai waktu yang sulit.

Seorang komunikan dapat mengumpulkan pesan komunikator yang dapat terbilang sulit dan juga butuh waktu yang lama untuk memahami apa maksud dari makna komunikasi tersebut, apabila komunikasi tersebut tidak segera mendapatkan respon komunikasi atau tidak berjalan dengan efektif, maka hal tersebut akan menimbulkan kesalahan dalam menerima informasi yang ada.

Alat Komunikasi Modern

Alat Komunikasi Modern adalah salah satu alat penghubung dari informasi yang dilakukan oleh dua orang atau bahkan lebih. Komunikasi tersebut dilakukan antara komunikator dan juga komunikan dan juga dengan adanya komunikasi tersebut maka tentu saja akan terjalin hubungan dengan mudah hanya dengan melalui alat yang memiliki teknologi modern.

Dan alat komunikasi modern tentu saja memiliki kelebihan yang akan selalu menjawab setiap apapun interaksi yang akan kita berikan atau yang inginkan dari pihak pengirim dengan cara yang lebih efisien, dan selain itu juga lebih mudah untuk dipahami oleh semua kalangan manusia.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *