Pencipta Google adala Larry Page dan Sergey Brin yang diciptakan di sekitar tahun 1995 oleh mereka berdua bekerja sama di tahun 1996 untuk memfokuskan pembuatan Google. Pada awal Google diciptakan, sebelum nama Google dicetuskan maka dulunya adalah “BackRub”.

Konon katanya nama BackRub itu merupakan berasal dari algoritma yang bisa membuat beberapa peringkat dengan mengedepankan seberapa banyak back-link yang bisa dimiliki oleh suatu halaman.

Server BackRub itu sendiri dilakukan oleh server yang ada di Stanford University, dengan jangka waktu satu tahun sebelum didaftarkan menjadi Google.com pada 15 September 1997.

Baca Juga: Fitur Unik Google

Namun di saat tahun 1998, Larry meluncurkan suatu buletin bulanan yang mungkin kita kenal dulu sebagai “Google Friends Newsletter”, di dalam buletin tersebut terdapat banyak informasi mengenai perusahaan tersebut, lalu buletin tersebut juga pada saat ini sudah tergantikan oleh Google+.

Selanjutnya, sebuah keuntungan tampaknya sedang berpihak oleh Google dan di tahun yang sama pada bulan Agustus, Andy Bechtolsheim memberikan sebuah cek dengan uang senilai $100.000 atau sekitar Rp 1.377.590 untuk Google.

Andy Bechtolsheim memutuskan untuk memberikan uang setelah ia melihat dan menonton demo singkat mengenai Google.com di sebuah kediaman salah seorang dosen pengajar Stanford, yang bertempat di Palo Alto.

Google Inc resmi beroperasi dan berdiri di 4 September 98 namun Google disaat baru berdiri merupakan sebuah perusahaan privat, namun pada saat sejumlah uang yang diberikan secara cek oleh Andy dan langsung disetor melalui akun bank rekening perusahaan.

Kantor pertama Google juga sangatlah sederhana, jauh sekali dari kantor Google yang ada pada saat ini, Google pertama kali didirikan di sebuah garasi teman

Dan pada tahun 1999, Google resmi berpindah tempat ke Palo Alto dengan jumlah pegawai sejumlah 8 orang karyawan. Dan uniknya pada saat itu, Sergey dan Larry masih berstatus sebagai mahasiswa dari Stanford University, dengan konsen Ph.D. di sela-sela kesibukannya juga Larry dan Sergey tetap melakukan penciptaan Google

namun, pada akhirnya mereka berdua menawarkan perusahaan Google kepada banyak pihak karena ingin memfokuskan diri untuk studi mereka, tetapi sayangnya selalu ditolak. Uniknya di tahun 1997, mereka pernah menawarkan Google ke Yahoo, namun Yahoo menolak perusahaan yang diciptakan oleh Larry dan Sergey tersebut

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *