Ikan Lempah Kuning Bumbu Bakar ala Nasi Kotak Jakarta – Bahan: 4 ekor ikan nila, potong 2 bagian 200 gr nanas, potong potong 3 bh cabai rawit merah 2 btg serai, memarkan 1 sdt garam 1/2 sdt gula pasir 2 sdt air asam jawa, dari 2 sdt asam jawa yang dilarutkan dengan 2 sdt air 1.000 ml air Bumbu Bakar (tumbuk Kasar): 6 btr bawang merah, potong dua bagian 4 bh cabai merah besar, potong 2 bagian 3 cm kunyit 2 siung bawang putih 4 bh cabai rawit merah 5 cm lengkuas 1/2 sdt terasi

Cara Membuat Untuk 4 porsi : 1. Lumuri ikan dengan 1/2 sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, dan 1/2 sdt air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. 2. Rebus air, bumbu bakar, dan serai hingga mendidih. Masukkan ikan. Bubuhi garam dan gula pasir. Aduk rata. 3. Masukkan nanas dan cabai rawit. Tuang air asam. Masak sambil sesekali diaduk hingga bahan matang.

Si Cendol Hitam yang Super Segar

Ketika melintasi sepanjang jalan raya utamanya di Blitar, Sajiers akan sering terlihat penjual dawet atau cendol, di pinggir-pinggir jalan. Keunikan penjual dawet di Blitar ini terlihat dari ciri khas para penjualnya yang memajang wadah guci yang digunakan. Gucinya terbuat dari tanah liat berukir ular naga, dengan irus atau centong besar untuk mengambil dawetnya yang bergambar tokoh punakawan. Dan jika dawet pada umumnya berwarna hijau atau putih, di sini dawetnya berwarna hitam atau dalam bahasa Jawa disebut ireng .

Dawet ireng disajikan di dalam mangkuk kecil, disiram dengan kuah santan lalu ditambahkan saus gula jawa dan serutan es batu. Cita rasa semangkuk dawet ireng ini merupakan kombinasi manis dan segar. Dawetnya yang melimpah, sehingga membuat sajian minuman ini tak hanya mampu mengusir dahaga, tetapi juga cukup mengenyangkan. Untuk menikmati semangkok dawet ireng, cukup merogoh kocek Rp 5 ribu saja.

Sumber : https://salamacatering.com/

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *