Program kebersihan lingkungan untuk menghilangkan tempat nyamuk bertelur dan berkembang biak serta pembasmian nyamuk juga harus dilakukan bersamaan. Upaya yang terintegrasi dan berkesinambungan juga dituju kan untuk mencegah sindrom Guillain Barre, infeksi demam dengue, dan chikungunya.

Dampak Pada Ibu Hamil Ibu hamil sebenarnya memiliki risiko yang sama dengan perempuan lain untuk tertular virus zika. Kebanyakan perempuan tidak menyadari bila dirinya telah terinfeksi zika, karena terkadang virus ini memang tidak menimbulkan keluh an. Hanya sekitar 25% kasus zika dengan keluhan, dan sering kali ringan saja. Keluhan dapat berupa demam ringan (<39,5oC), bercak merah di kulit, konjungtivitis (infeksi mata), nyeri pada otot dan persen dian, serta kelemahan umum.

lowongan kerja FSJ Jerman untuk lulusan SMA gratis “ sat-jakarta.com

Infeksi virus zika sudah ditemukan di Indonesia pada 2015 di Jambi (Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Kompas 30 Januari 2016), tetapi tidak terdeteksi lebih awal, karena dianggap sebagai infeksi dengue. Kompas 2 Februari lalu bahkan menambah sebaran virus zika menjadi Jambi, Lombok, Jakarta, Klaten, dan Bali.

Apakah efek yang bisa ditimbulkan pada ibu hamil yang terinfeksi virus zika? Selama ini belum ada bukti kuat ibu hamil lebih berisiko atau akan mengalami penyakit lebih berat selama masa kehamilan. Selain itu, juga belum diketahui apakah ibu hamil lebih berisiko terhadap Sindrom Guillain Barre (SGB) jika terjangkit virus zika. Nama SGB diambil dari nama orang yang pertama kali me nemukannya, yaitu Georges Guillain, JeanAlexandre Barre, dan Andre Strohl pada 1916.

Sindrom ini merupakan gangguan dimana sistem kekebal an tubuh menyerang bagian dari sistem saraf tepi (perifer). Artinya antibodi tubuh yang seharusnya melindungi tubuh dari serangan zat asing, seperti virus, justru menyerang sel-sel tubuh sen diri. Risiko terberat GBS dapat mengancam jiwa karena menyebabkan kelumpuhan otot pernapasan sehingga pende rita harus menggunakan ventilator, terkena infeksi paru, dan sepsis akibat imobilisasi lama.

Hubungan Zika Dan Mikrosefalus Lalu apakah ada hubung an antara infeksi virus zika de ngan kejadian mikrosefalus kongenital? Hubungan infeksi virus zika pada ibu hamil dengan kejadian mikrosefalus pada bayi yang dilahirkan, sebenarnya belum terbukti secara ilmiah, namun bukti ke arah itu semakin kuat.

baca juga postingan sebelumnya : https://priyanobuscatrabajo.org/2021/07/29/memahami-infeksi-virus-zika/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *