Menciptakan Apps Terbaik seperti FIN888 Bodong – Menciptakan sebuah aplikasi memang bukan perkara mudah. Butuh kesabaran, logika dan juga rasa seni yang tinggi. Jika semua unsur ini berpadu, bisa jadi kita akan menciptakan sebuah masterpiece yang mungkin akan di kenang oleh seluruh orang. Serangan yang gencar dari perangkat mobile terhadap eksistensi PC membuat banyak orang berpaling ke perangkat mobile. Sistem operasi pendukung pun bermunculan. Dan yang terpenting adalah pelbagai apps pun mulai ramai mendukung beragam sistem operasi tersebut.

Hadirnya berbagai aplikasi untuk pengguna smartphone memunculkan kreativitas bagi banyak pengembang. Apalagi kehadiran Android yang berbasiskan open source, menambah kemudahan bagi mereka yang ingin menciptakan aplikasi. Untuk mengakomadasi dan memfasilitasi pengembang aplikasi lokal, beberapa waktu lalu Indosat mengadakan Hackathon IWIC 8, sebuah lomba membuat aplikasi mobile selama 24 jam. Event Hackathon sendiri merupakan bagian dari IWIC (Indosat Wireless Innovation Contest) yang merupakan ajang kompetisi inovasi teknologi yang diselenggarakan Indosat. IWIC sendiri sudah berlangsung sejak tahun 2006.

“Kalau programmer biasanya sangat teknis, di (hackathon) ini kita mau menantang ide mereka, karena dari idelah semua berawal,” kata Presiden Direktur PT. Indosat Tbk, Alexander Rusli, saat meresmikan Hackathon IWIC. Dalam sambutannya Alexander juga mengajak peserta yang hadir untuk tidak takut dengan risiko. “Mumpung masih muda, ambil risiko supaya bisa sukses. Kita (Indosat) sudah menyediakan semuanya, termasuk ekosistem dan funding­nya, tinggal cari yang terbaik,” kata Alexander. Oleh karena masuk dalam bagian IWIC kategori yang dilombakan pun sama dengan IWIC, yakni Communicaton – Lifestyle – Education, Multimedia – Games, dan Utilites (tools & security).

Di hadiri banyak peserta Di luar dugaan acara Hackathon yang baru diselenggarakan ini mendapat sambutan yang baik dari para pengembang lokal. Tercatat 114 peserta yang terbagi dalam 53 tim ambil bagian dalam acara ini. “Yang daftar ada 120 tim, kita seleksi mana saja yang kira­kira potensial dan menarik hingga terpilih 53 tim. Nanti akan dipilih 3 tim yang berhak jadi terbaik,” jelas Fuad Fachroeddin (Group Head Corporate Communications Indosat). Tim pemenang dan peserta ini otomatis akan disertakan dalam ajang utama IWIC yang berakhir 31 Oktober 2014 mendatang. “Makanya kita pilih tim terbaik, bukan tim juara karena IWIC­nya belum selesai, karena mereka masih bisa menang lagi di kompetisi utama IWIC.” tambah Fuad. Suasana kompetitif pun terasa selama 24 jam.

Sumber : https://teknorus.com/

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *