IELTS adalah salah satu tes bahasa Inggris yang memiliki empat bagian. Keempat bagian tersebut adalah membaca, menulis, mendengarkan dan berbicara. Agar bisa mendapatkan nilai yang bagus, kamu harus menguasai keempat materi tersebut.

” rekomendasi tempat kursus IELTS di Jakarta ” – https://avanaeducation.com/

Agar makin maksimal dalam menguasai materi, kamu bisa menggunakan tips-tips berikut ini, diantaranya adalah:

  1. Listening

Bagian mendengarkan berlangsung selama 30 menit, di waktu tersebut kamu harus menjawab sekitar 40 soal. Ada beberapa model soal di dalamnya, mulai dari mencocokkan, pilihan ganda, melengkapi kalimat dan menjawab pertanyaan singkat.

Agar bisa mendapatkan nilai yang baik di bagian listening, kamu bisa menonton film menggunakan bahasa Inggris. Bisa pula dengan mencatat poin-poin penting ketika kamu mendengarkan audio yang diputar.

  1. Materi Reading untuk Tes IELTS

Bagian selanjutnya adalah reading atau membaca, di IELTS kamu akan mendapatkan waktu sekitar 60 menit untuk menjawab 40 soal.  Model pertanyaan yang ada adalah mencocokkan judul, melengkapi kalimat, serta memilih jawaban yang benar.

Mendapatkan nilai yang bagus di bagian ini bisa kamu usahakan dengan sering membaca teks yang menggunakan bahasa Inggris. Pastikan pula ejaan yang kamu gunakan sudah benar dan sesuai grammar, jangan lupa prioritaskan juga bagian yang lebih mudah.

  1. Writing

Bagian lanjutan di tes ini adalah menulis, yang terbagi dalam dua bagian, yakni task pertama dan kedua. Di masing-masing task, kamu akan mendapatkan soal yang harus dijawab dalam bentuk teks.

Kamu bisa memulai dengan mengerjakan task kedua lebih dulu karena bobotnya yang lebih tinggi. Jangan lupa untuk menghitung jumlah barisan, gunakan kosakata yang kaya dan pilih kalimat formal sesuai konteks.

  1. Speaking

Bagian terakhir adalah berbicara, kamu akan diminta untuk menjawab tiga pertanyaan, yakni seputar diri, hobi dan kegiatan keseharian. Ketika menjawab, pastikan kamu memperhatikan dan fokuskan pandangan kepada penguji.

Usahakan juga untuk memberikan jawaban yang beserta dengan alasan yang masuk akal. Jadi jangan hanya menjawab ya atau tidak saja, melainkan juga memberikan uraian alasan kenapa kamu menjawab tersebut.

Tes IELTS memang membutuhkan persiapan yang panjang. Karena itu, sebaiknya persiapkan sejak dini untuk mendapatkan hasil terbaik.

Leave a comment

Your email address will not be published.