Bukan hal aneh lagi zaman milenial berbahasa asing menjadi lebih mudah dan praktis. Dari pergaulan hingga pendidikan, bahasa Inggris menjadi bahasa penting yang wajib kita kuasai. Tingkat kesulitan dapat terlihat dari skor hasil tes TOEFL.

baca juga : kursus TOEFL Jakarta terbaikavanaeducation.com

Untuk meraih jenjang pendidikan ke tingkat lebih tinggi, khususnya mahasiswa biasanya membutuhkan tes khusus. Hal itu sebagai syarat administrasi dan memang sangat wajib ada dalam pembelajaran selanjutnya.

Pengertian dan Jenis TOEFL

Secara sederhana pengertian TOEFL adalah tes yang harus kamu lalui untuk melakukan uji agar mengetahui seberapa kemampuan seseorang menguasai bahasa Inggris. Kamu dapat mengetahui jenis-jenisnya seperti di bawah ini:

  1.   Jenis TOEFL PBT (Paper Based Test)

Seperti tes pada umumnya test ini menyertakan lembar kertas dengan lembar jawaban yang telah secara khussu tersedia pada saat waktu ujian. Adapun materi yang ada di dalam ujian  berupa bentuk soal pilihan ganda. Empat  jenis tes yang ada di dalam ujian yaitu listening, reading, writing dan structure.

Tes seperti pada umumnya tes biasa dengan tingkat kesulitan masih mudah untuk kamu taklukkan. Sedangkan skor tes berkisar antara 310 sampai 667 dengan waktu 3 jam.

  1.   CBT (Computer Based Test)

Namanya juga berbasis komputer artinya tes berlangsung dengan menggunakan komputer. Materi seperti biasanya berupa listening, writing, reading dan structure dengan pengerjaan langsung di komputer menggunakan aplikasi.

Tes TOEFL membutuhkan ketelitian dan kecermatan tingkat tinggi karena jawaban tidak dapat kamu ubah kembali. Untuk itu harus konsentrasi penuh dan skor yang didapat antara 30 hingga 300.

  1.   IBT (Internet Based Test)

Dapat dibilang tes ini kategori mahal karena harus merogoh kocek hingga 2 juta rupiah. Dilakukan menggunakan internet tentu saja dibutuhkan koneksi stabil dan lancar. Adapun materi sama seperti kedua tes sebelumnya yaitu listening, writing, structure, dan reading.

Skor yang dihasilkan adalah 0 hingga 120 dengan waktu yang dibutuhkan 4 hingga 5 jam. Dengan harga mahal, butuh persiapan matang sebelum ikut IBT agar hasil benar-benar maksimal.

  1.   ITP (Internet Based Test)

Tes ini sedikit lain karena yang menyelenggarakan adalah perguruan tinggi atau lembaga. Materi soal mengikuti standar internasional tapi belum tentu berlaku di luar negeri. Biasanya berlaku sekitar lokal saja.

Dengan mengetahui jenis-jenis TOEFL maka kamu lebih dapat memilih mana yang sekiranya tepat. Sesuaikan saja sesuai kebutuhan sehingga hasilnya benar-benar tepat dan berguna. Skor tinggi untuk uji kemampuan bahasa ini menunjukkan kepiawaian berbahasa Inggris.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.