GMAT (Graduate Management Admission Test) adalah sebuah tes yang digunakan sebagai salah satu syarat masuk universitas di luar negeri. Sehingg jika ingin melanjutkan program study MBA (Master of Business Management) di universitas yang ada di Amerika Kamu harus mengikuti tersebut.

baca juga : rekomendasi terbaik lembaga kursus GMAT di Jakarta

Dengan mengikuti tes ini, universitas di Amerika akan terbantu dalam mengevaluasi keterampilan akademik para peserta yang mengikuti program study MBA. Jadi kemampuan Kamu akan diuji lewat tes yang akan Kamu lakukan ini.

Struktur Tes GMAT

1. Penalaran Terpadu
Penalaran terpadu adalah untuk mengukur kemampuan yang Kamu miliki untuk menganalisis data yang ada. Serta untuk mengevaluasi informasi-informasi yang tersedia dalam berbagai bentuk format.

2. Penilaian Penulisan Analitik
Penilaian penulisan analitik adalah untuk mengukur kemampuan yang Kamu miliki untuk berpikir kritis hingga mengungkapkan ide-ide yang Kamu miliki.

3. Penalaran Kuantitatif
Penalaran kuantitatif adalah untuk mengukur kemampuan Kamu dalam menganalisis data hingga membuat kesimpulan dengan kemampuan melanar yang Kamu miliki.

4. Penalaran Verbal
Struktur yang terakhir adalah penalaran verbal. Penalaran verbal adalah untuk mengukur kemampuan yang Kamu miliiki dalam membaca serta memahami suatu teks. Serta mengevaluasi argumen dan mengoreksi teks agar sesuai dengan standarisasi bahasa Inggris.

Untuk menyelesaikan semua soal yang ada dalam tes GMAT, waktu yang Kamu butuhkan sekitar kurang dari 3,5 jam. Kamu juga bisa memilih pilihan untuk istirahat dalam mengerjakan soal sebanyak 2 kali kesempatan.

Jenis Pertanyaan Struktur Tes GMAT

1. Penalaran Terpadu
Dengan durasi waktu 30 menit terdiri dari 12 pertanyaan, mengenai: Interprestasi Grafik, Analisis Tabel, Penalaran Multi Sumber hingga Analisis Dua Bagian.

2. Penilaian Penulisan Analitik
Dengan waktu 30 menit terdiri dari 1 pertanyaan mengenai Analisis sebuah Argumen.

3. Penalaran Kuantitatif
Dengan durasi waktu 62 menit dan terdiri dari 31 pertanyaan, meliputi: Kecukupan Data Hingga Pemecahan Masalah.

4. Penalaran Verbal pada Tes GMAT
Dengan durasi waktu 65 menit dan terdiri dari 36 pertanyaan, meliputi: Pemahaman Membaca, Penalaran Kritis hingga Koreksi Kalimat.

Tes GMAT memiliki nilai score sebanyak 200 – 800 poin score. Pengukuran nilai score ditentukan oleh berapa banyak jumlah soal yang dijawab dengan benar. Serta berapa banyak soal sulit yang berhasil Kamu jawab.

 

Leave a comment

Your email address will not be published.