Generasi ekstrim Prosesor Intel

Perkembangan dunia IT memang tidak ada habisnya. untuk kategorti prosesor, intel selalu menawarkan yang terbaik. Setelah santer dikabarkan bahwa prosesor intel teranyar Broadwell tidak lama lagi hadir di pasaran, intel kembali mengumumkan bahwa generasi Haswell akan kedatangan “saudara kandung”, yaitu Haswell-e. Sesuai judulnya, huruf e yang disematkan berarti kelas ekstrim.

Oleh karena itu, socket motherboard intuk Haswell-e pastinya tidak akan sama dengan Haswell standar. Sama seperti ivy Bridge-e dan Sandy Bridge-e, motherboard dengan socket 2011 menjadi tandem utama. Perlu diingat bahwa socket 2011 yang tersedia merupakan versi terbaru, yaitu versi ketiga. Performa dan harga yang ditawarkan pastinya memiliki selisih yang cukup tinggi dengan varian non-e. di sisi lain, Haswell-e adalah prosesor pertama yang mampu mengoptimalkan penggunaan delapan core.

Artinya, kemampuan komputasi yang ditawarkan bisa membuat pesaingnya gigit jari. ini juga sesuai dengan kebijakan pengembangan intel tick-tock yang sangat dinamis. Beberapa produsen pun tampaknya mulai memproduksi jajaran motherboard yang akan mendukung kinerja Haswell-e.