Categories
Home

Pelesiran ke Museum Nasional Bagian 2

Favorit pengunjung adalah benda yang ada tengah ruangan, berupa kapal yang dibuat dari kayu utuh, tanpa sambungan sedikit pun! Bagi penikmat sejarah, tempat ini adalah surga, walaupun memang, informasi yang tertera sangat minim dan seadaanya.

Baca juga “ Jual genset Surabaya

SISI KANAN: MODERN

Bagian yang lebih menarik—dan modern— adalah bangunan di sisi kanan. Bangunan yang terdiri dari 7 lantai (hanya 4 lantai untuk museum) ini sebenarnya juga bangunan lama, namun telah direnovasi interior dan eksteriornya. Di sini, Anda dapat menikmati teknologi-teknologi masa dulu, dengan kemasaan yang modern. Interiornya pun dibuat layaknya museum-museum di luar negeri, dengan warna-warna yang ceria.

Sejarah nenek moyang Indonesia menjadi tema koleksi di bangunan sisi ini. Dimulai dari zaman batu, hingga zaman sekarang. Ada ruang yang menampilkan sejarah manusia purba, ada pula yang memamerkan teknologi dari zaman kuno hingga zaman modern— sepeda besi beroda tiga hingga sepeda motor di zaman Belanda ada di sini. Prasasti dari zaman kerajaan di Indonesia pun bisa Anda lihat di sini.

Terlepas dari koleksi yang dipamerkan, bagian luar museum ini juga sangat menarik dan pantas dijadikan objek ber-narsis ria. Paduan arsitektur Yunani yang klasik dengan jembatan kaca yang modern, ditambah lagi instalasi seni karya Nyoman Nuarta berbentuk lingkaran yang bertengger di depan museum, menjadikan Museum Nasional pantas Anda jadikan tujuan wisata pertama di tahun 2016 ini.

Museum ini kerap dijuluki sebagai Museum Gajah karena patung gajah yang ada di halaman depan, yang merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn asal Thailand. WAKTU KUNJUNGAN Selasa—Jum’at: 08.00—16.00. Sabtu—Minggu: 08.00—17.00. Senin dan hari besar nasional: tutup TIKET MASUK Dewasa: Rp5.000 Anak-anak: Rp2.000 .

CARA MENUJU KE SANA Museum Nasional terletak di jalan Merdeka Barat No.12, Jakarta Pusat, di seberang Lapangan Monumen Nasional. Untuk menuju ke sini, Anda dapat menggunakan bus Tour Jakarta dan berhenti tepat di depan Museum Nasional. Atau bisa juga menggunakan Transjakarta koridor 1 (Blok M-Kota) dan berhenti di halte Monumen Nasional (Monas).